Tuesday, February 11, 2014

CARA MUDAH MENGHAFAL AL-QUR’AN
Beberapa cara menghafal al-qur’an adalah sebagai berikut:
1)      Dengan cara membaca
2)      Dengan cara menulis
3)      Dengan cara mendengar bacaan qurra’
Hal tersulit adalah menentukan kualitas dan kuantitas ayat yang kita hafal setiap hari. Siapa saja yang ingin menghafal al –qur’an harus berhati ikhlas dan penuh kesabaran. Selain itu, dia harus optimis bahwa dia pasti bisa menghafal seluruh ayat dalam alqur’an ini. Allah  berfirman,
وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْآنَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran? (QS Al-Qamar 17)

Rasulullah bersabda, yang artinya “iri hati itu tidak benar kecuali pada dua hal berikut: (pertama) pada orang yang diberi al-Qur’an oleh Allah kemudian dia membacanya sepanjang siang dan malam, (kedua) pada orang yang diberi harta oleh Allah kemudian dia menginffakkannya siang dan malam.”
Tiga cara menghafal al-Qur’an: membaca –Menulis-mendengar
Cara bagaimana tercantum dalam tabel di bawah ini tergantung pada kesempatan dan kecakapan masing-masing penghafal. Hal itu bisa dilakukan dengan beberapa hal berikut
Pertama, menghafal sesuai kemampuan setiap hari kemudian mengulanginya pada hari yang sama.
Kedua, menghafal sedikit, dan mengulangnya sedikit, serta menentukan waktu masing-masing.
Ketiga, membaca ayat yang akan dihafal dengan tajwid dan secara tartil di depan guru. Hal ini akan mempermudah seorang penghafal mendapatkan hafalan yang benar.
Keempat, menela’ah tafsir ayat yang akan dihafal. Hai ini akan memperkuat hafalan seseorang karena mengetahui makna ayat yang dihafalnya.
Kesulitan dalam menghafal dan mengulang hanya akan anda rasakan pada bulan pertama. Setelah itu, akan merasa terbiasa dan dengan mudah bisa menghafal sesuai keinginan anda, tentunya dengan izin Allah, Allah-lah yang menentukan segala sesuatu.
Tabel cara menghafal al-Qur’an
Jumlah hafalan setiap hari
Waktu yang dibutuhkan untuk hafal seluruh ayat al-Qur’an
tahun
Bulan
Hari
1 ayat
17
7
9
2 ayat
8
9
18
3 ayat
5
10
13
4 ayat
4
4
24
5 ayat
3
6
7
6 ayat
2
11
4
7 ayat
2
6
3
8 ayat
2
2
12
9 ayat
1
11
12
10 ayat
1
9
3
11 ayat
1
7
6
12 ayat
1
5
15
13 ayat
1
4
6
14 ayat
1
3
-
15 ayat
1
2
1
16 ayat
1
1
6
17 ayat
1
-
10
18 ayat
-
11
19
19 ayat
-
11
1
½ halaman
3
4
24
1 halaman
1
8
12
2 halaman
-
10
6





Pada setiap huruf dari al-Qur’an yang kita baca terdapat satu kebaikan. Satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh kebaikan.  Pada kebaikan dilipatgandakan    menjadi sepuluh kebaikan. Pada  
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ  terdapat 19 kebaikan dan dilipatgandakan menjadi 190 kebaikan. Berapa banyak kebaikan yang akan didapat orang yang mengulang –ulang bacaan dan menghafalkan al-Qur’an ?! sungguh, ini merupakan kesempatan emas untuk  mengisi umur kita.

Rasulullah bersabda, “(di akhirat nanti) ada yang berkata kepada pembaca al-Qur’an, baca dan naiklah (ke syurga)  dan bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membacanya secara tartil di dunia karena derajatmu (di syurga) berada tepat saat ayat terakhir yang engkau baca.”

No comments:

Post a Comment